Kelapa Hijau dan Yang lainnya


Kelapa merupakan jenis buah yang tumbuh di wilayah tropis. Buah yang satu ini cukup populer, terutama bagian dagingnya yang kaya akan mineral penting. Seperti mangan dan tembaga. Dua mineral ini membantu fungsi enzim dan metabolisme lemak. Serta membantu pembentukkan tulang hingga kesehatan jantung.

Dilansir dari Health Line (19/06), berikut manfaat sehat konsumsi daging kelapa.

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Selain Segar Airnya, Daging Buah Kelapa Juga Kaya Khasiat

Daging atau bagian buah kelapa, mengandung minyak kelapa yang bisa meningkatkan kolesterol baik (HDL), serta menurunkan kolesterol jahat (LDL). Hal ini dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Sementara itu lewat sebuah penelitian, ditemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi 200 gram bubur yang dibuat dengan santan memiliki penurunan kadar kolesterol darah. Dibandingkan mereka yang mengonsumsi bubur dari susu kedelai.


2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Selain Segar Airnya, Daging Buah Kelapa Juga Kaya KhasiatFoto: iStock

Buah Kelapa dinilai bisa membantu menurunkan berat badan, serta membuat tubuh kenyang lebih lama. Selain itu kandungan medium-chain triglycerides (MCT), dalam buah ini juga bisa membakar kalori sehingga berat badan berangsur turun.

Lewat salah satu penelitian, orang-orang yang mengonsumsi 100 gram buah kelapa segar setiap harinya cenderung lebih cepat turun berat badannya. Dibandingkan orang-orang yang mengonsumsi kacang atau minyak kacang.


3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Selain Segar Airnya, Daging Buah Kelapa Juga Kaya Khasiat

Buah kelapa kaya akan serat, yang membantu mengangkat kotoran dan mengatur usus hingga menjaga sistem pencernaan, agar tetap sehat. Buah ini juga kaya lemak, sehingga dapat membantu tubuh menyerap nutrisi yang larut dalam lemak, seperti vitamin A, D, E, dan K.

Selain itu kandungan MCT di dalam daging kelapa terbukti dapat memperkuat bakteri baik yang ada di usu. Serta melindungi tubuh dari peradangan, dan sindrom metabolik.


4. Meningkatkan Sistem Imun

Selain Segar Airnya, Daging Buah Kelapa Juga Kaya Khasiat

Kandungan mangan dan antioksidan di dalam buah kelapa, dapat membantu meningkatkan sistem imun termasuk mengurangi peradangan di tubuh. Buah kelapa juga punya kandungan MCT yang memiliki sifat anti virus, anti jamur, dan penekan tumor.


5. Kesehatan Otak

Selain Segar Airnya, Daging Buah Kelapa Juga Kaya Khasiat

Kandungan MCT dalam minyak kelapa yang dibuat dari daging kelapa, memberikan sumber bahan bakar alternatif untuk glukosa. Sehingga dapat membantu orang-orang, yang memiliki gangguan memori atau fungsi otak. Salah satunya bagi mereka yang menderita penyakit Alzheimer.

Secara keseluruhan, buah kelapapunya banyak manfaat untuk tubuh. Namun beberapa ahli tetap menyarankan untuk tetap mengonsumsi buah kelapa dalam porsi yang wajar. Karena buah kelapa memiliki kandungan lemak dan kalori yang cukup tinggi.
🌸🌼🌺🌻🌻🌻🌺🌼🌸🌸🌻🌻🌺🌼🌸🌸🌸🌼🌺🌻🌻🌼🌸🌸🌸🌼🌺🌻🌸

Bunga Kelapa

Berbagai manfaat pohon kelapa sangat mengagumkan. Bagian terakhir yang bisa Anda gunakan dari bunga kelapa sebagai bahan cuka.

Selain itu, melalui fermentasi getah bunga kelapa kerap dijadikan sebagai bahan pembuatan alkohol. Serta bahan obat-obatan tradisional.

Bunga kelapa kering juga dimanfaatkan sebagai kerajinan tangan. Setelah diawetkan, sangat cocok dipadukan dengan lukisan 3D, hiasan dinding, dan sebagainya.

Batok atau Tempurung Kelapa

ilustrasi kelapa

Manfaat pohon kelapa yang diambil dari batok kelapa atau tempurung kelapa. Bagian dalam dengan tekstur keras yang menjaga daging dan air kelapa. Kegunaan yang kerap ada di kehidupan sehari-hari, seperti:

  • Sebagai alat peraga edukatif ataupun cindera mata.
  • Bahan baku pembuatan arang aktif.
  • Tepung dari batok kelapa untuk bahan baku kabel listrik.
  • Batok diolah jadi filter rokok.
  • Bahan kerajinan tangan, gayung, sendok, tas dan sebagainya.

Akar Kelapa

Manfaat pohon kelapa kembali membuat kagum. Dampak positif yang terasa dalam kehidupan, akarnya baik dalam mencegah abrasi, mencegah banjir, serta pemecah gelombang pantai. Selain itu, dikutip dari liputan6, manfaat akar pohon kelapa bagi kesehatan seperti:

1. Mengatasi Gatal

Manfaat akar pohon kelapa mampu mengatasi gatal yang terjadi pada celah kulit di sela-sela jari kaki atau tangan, serta celah lain yang lembab.

2. Meredakan Demam

Langkah mudahnya, cukup mengonsumsi air rebusan dari akar pohon kelapa tumbuk, sebanyak dua kali sehari hingga suhu tubuh menurun.

3. Mengatasi Diare

Cara mengonsumsinya sama, meminum ramuan yang dihasilkan dari akar pohon kelapa hingga sakitnya mereda.

4. Melancarkan Peredaran Darah

Ramuan ini cocok bagi Anda yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi. Perlu dikonsumsi secara bertahap dan rutin untuk mendapatkan hasilnya.

5. Mengatasi Wasir dan Ambeien

Sama halnya dengan cara mengobati penyakit lain, cukup merebus dan meminum ramuan yang dihasilkan dari akar pohon kelapa.

🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼

Sabut Kelapa

kelapa hijau

Setiap bagian dari pohon kelapa benar-benar bermanfaat bagi kehidupan manusia. Semua tergantung pada kreasi dan kekreatifan mengolah, termasuk pada sabut kelapa.  Bagian kulit terluar dari buah kelapa yang berserabut.

Umumnya masyarakat menjadikan sabut kelapa sebagai bahan pembuatan tali, bahan industri karpet, boneka, keset dan lain sebagainya.

Selain itu, sabut kelapa juga bisa dijadikan sebagai media tanam atau biasa disebut cocopeat. Serta diubah jadi scrubber, untuk membersihkan peralatan dapur, hingga sapu lantai.

Batang Pohon Kelapa

kelapa

Manfaat pohon kelapa selanjutnya diambil dari batangnya. Batangnya yang kokoh memiliki tekstur yang kasar dan dan berserat. Dilansir dari bibitbunga, kayu dari pohon kelapa memiliki sifat fisik yang variatif, terutama untuk kerapatannya, berikut manfaat batang:

  • Ekstrak batang pohon kelapa untuk bahan pembuatan kertas.
  • Pengganti kayu konstruktif. Batang kelapa dengan kerapatan tinggi bisa diolah untuk pembuatan furnitur, komponen bangunan rumah, hingga balok lantai.
  • Sumber energi untuk pembuatan arang dan kriket.

Air Kelapa

ilustrasi es kelapa muda

Kesegaran yang bisa Anda peroleh selanjutnya dari air kelapa. Ini salah satu manfaat pohon kelapa yang tak kalah diburu masyarakat.

Air kelapa sudah terkenal mengandung berbagai nutrisi penting bagi tubuh. Dipercaya khasiatnya yang baik untuk kesehatan dan kecantikan, seperti dilansir dari Brillio:

  • Mengatasi Masalah Pencernaan.
  • Menghilangkan dehidrasi.
  • Mengontrol berat badan.
  • Meningkatkan energi.
  • Mengontrol tekanan darah.
  • Menghidrasi kulit dan lebih bercahaya.
  • Memperbaiki sistem pencernaan.
  • Melindungi dan menjaga elastisitas kulit.
  • Menetralisir racun dalam tubuh.
  • Mengatur tekanan darah, gula darah, dan kolesterol.
  • Menjaga kesehatan ginjal.
  • Baik untuk ibu hamil dan janin.
  • Meningkatkan vitalitas pria.
  • Menjaga kesehatan jantung.
  • Mengatasi demam dan pusing.
  • Mencegah penuaan dini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ayam Kampung

Rumput Liar