Buah Pepaya Yang Jingga

 Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan dan Wajah, Tak Cuma Buat Pencernaan

Pepaya merupakan salah satu buah yang bisa ditemui di banyak tempat, mulai dari pasar tradisional hingga pasar swalayan. Pepaya adalah jenis tanaman buah ini sangat banyak dipelihara. Pohon pepaya sering sekali kita jumpai di setiap pekarangan rumah warga di Indonesia. Buah pepaya yang enak dinikmati dalam suasana apapun. Dari pepaya yang masih muda sampai yang sudah matang, dapat dinikmati sebagai kuliner yang sangat menggugah selera.

1234567890 123 456 789 🐓🦃🐈🐇🐿🦝🐜🌾💐☘🌴🍁🍄🦗🌏🐄🐝🐛🐙🦐🦟🌿🌱🍀🌺🌸🌼🌻🐆🐂🐖🦜🦢🐩🐕🦄🦌🦋🐌🐷🐮🐭🐔🦉🕸

Selain harganya yang terjangkau, manfaat buah pepaya untuk kesehatan dan wajah juga sangat banyak. Pepaya memang menjadi salah satu buah tersehat yang kaya akan vitamin dan mineral, seperti fosfor, kalium, besi, magnesium, kalsium dan lainnya. Manfaat buah pepaya yang paling ampuh adalah untuk melancarkan pencernaan dan BAB, namun tahukah anda bahwa pepaya menyimpan ribuan manfaat lainnya. Di balik rasa manisnya manfaat buah pepaya juga berlimpah.


Sumbangan vitamin yang sangat menonjol adalah vitamin C

Buah pepaya matang sangat unggul dalam hal betakaroten (276 mikrogram/100 g), betacryptoxanthin (761 mikrogram/100 g), serta lutein dan zeaxanthin (75 mikrogram/100 g). Betakaroten merupakan provitamin A sekaligus antioksidan yang sangat ampuh untuk menangkal serangan radikal bebas. Vitamin A yang diperoleh dari 100 g buah pepaya matang berkisar antara 1.094-18.250 SI, tergantung dari varietasnya. Sementara betacryptoxanthin, lutein, dan zeaxanthin lebih banyak berperan sebagai antioksidan untuk mencegah timbulnya kanker dan berbagai penyakit degeneratif. Sumbangan vitamin yang sangat menonjol adalah vitamin C (62-78 mg/100 g) dan folat (38 mikrogram/100 g). Kadar serat per 100 gram buah masak 1,8 gram.

Serat pepaya sangat dikenal manfaatnya dalam memperlancar proses buang air besar (BAB) dan mencegah sembelit. Satu potong pepaya berukuran 140 gram mampu memberikan sumbangan vitamin C sebanyak 150 persen dari angka kecukupan gizi yang dianjurkan per hari (AKG), serta sumbangan serat sebanyak 10 persen dari AKG.Smentara itu komposisi mineral pada buah pepaya matang sangat bagus, yaitu dominan potasium (257 mg/100 g) dan sangat sedikit sodium (3 mg/100 g). Rasio potasium terhadap sodium yang tinggi sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya hipertensi. Mineral lain yang terkandung dalam jumlah lumayan adalah kalsium, besi, magnesium, fosfor, zinc, dan selenium. Keunggulan lain dari manfaat buah pepaya adalah rendah lemak, tanpa kolesterol, rendah sodium. Nah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, manfaat buah pepaya untuk kesehatan dan wajah.


Manfaat buah pepaya untuk kesehatan

1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Manfaat buah pepaya yang pertama adalah membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin A dan vitamin C dalam pepaya dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah perkembangan infeksi. Mengonsumsi buah pepaya secara rutin, akan menciptakan lapisan pelindung terhadap bakteri dan virus yang juga bisa menyebabkan flu, batuk dan pilek.

1234567890 123 456 789 🐓🦃🐈🐇🐿🦝🐜🌾💐☘🌴🍁🍄🦗🌏🐄🐝🐛🐙🦐🦟🌿🌱🍀🌺🌸🌼🌻🐆🐂🐖🦜🦢🐩🐕🦄🦌🦋🐌🐷🐮🐭🐔🦉🕸

2. Mencegah penyakit jantung

Manfaat buah pepaya lainnya adalah untuk mencegah penyakit jantung. Ini dikarenakan adanya kandungan serat, kalium dan vitamin yang dapat mencegah penyakit jantung. Peningkatan asupan kalium diketahui dapat mengurangi efek buruk penyakit jantung. Itulah mengapa penting bahwa kamu memiliki sepotong buah pepaya tiap harinya.

3. Mencegah pembekuan darah

Pembekuan darah di dalam tubuh dapat memperlambat sirkulasi darah dan menyumbat arteri. Dalam kasus yang parah, itu bahkan dapat menyebabkan serangan jantung atau strok. Nah, manfaat buah pepaya untuk kesehatan bisa mencegah pembekuan darah. Hal ini karena pepaya mengandung zat yang dikenal sebagai fibrin yang bisa meningkatkan aliran darah.

4. Manfaat buah pepaya untuk menjaga kesehatan pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam pepaya dipercaya mampu memperlancar sistem pencernaan. Selain itu, mengonsumsi buah pepaya setiap harinya bisa memenuhi kebutuhan serat harian.Potong pepaya menjadi beberapa bagian (bentuk dadu), lalu peras satu buah jeruk nipis, kemudian taburkan sedikit gula di atasnya. Masukkan ke dalam kulkas, dan santap ketika buah pepaya mulai dingin.

5. Mengurangi peradangan

Manfaat buah pepaya untuk mengurangi peradangan. Pasalnya, pepaya mengandung enzim yang disebut papain dan chymopapain yang memiliki efek antiinflamasi dan mengurangi risiko menderita penyakit kronis. Enzim ini juga dapat mengobati masalah lain yang terkait dengan peradangan seperti edema.

6. Memiliki kandungan nutrisi yang penting untuk tubuh

Pepaya adalah sumber vitamin yang sangat baik dengan sifat antioksidan seperti vitamin A, vitamin E dan vitamin C. Buah berwarna oranye ini juga memberikan vitamin B kompleks dan mineral seperti potasium, tembaga dan magnesium. Vitamin dan mineral ini bekerja bersama untuk mendukung regenerasi sel dan membantu mencegah penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas. Manfaat buah pepaya dalam hal ini adalah memasok nutrisi yang penting untuk tubuh.

1234567890 123 456 789 🐓🦃🐈🐇🐿🦝🐜🌾💐☘🌴🍁🍄🦗🌏🐄🐝🐛🐙🦐🦟🌿🌱🍀🌺🌸🌼🌻🐆🐂🐖🦜🦢🐩🐕🦄🦌🦋🐌🐷🐮🐭🐔🦉🕸

7. Manfaat buah pepaya untuk menyehatkan tulang

Dengan mengonsumsi buah pepaya bisa mencukupi kebutuhan vitamin K untuk kesehatan tulang yang baik. Karena melakukan tindakan dalam mengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi ekskresi ekskresi kalsium.

8. Sebagai cadangan energi

Selain berfungsi untuk memperlancar pencernaan, manfaat buah pepaya ternyata juga dapat memberikan cadangan energi untuk Anda yang memiliki banyak aktivitas. Selain bisa menjadi cadangan energi yang membuat Anda tidak mudah lelah, buah pepaya juga bisa membantu Anda untuk mendapatkan tidur nyenyak setiap malam dan tidak mengalami insomnia.

9. Memperbaiki daya tahan tubuh

Pepaya mengandung vitamin C sebanyak 33 persen lebih banyak dibanding buah jeruk. Hal ini menjadikan manfaat buah pepaya bisa diandalkan untuk membantu memulihkan kondisi tubuh setelah sakit. Selain itu, khasiat buah pepaya lainnya juga bisa menguatkan kekebalan tubuh.



Manfaat buah pepaya untuk wajah

10. Mencegah kerutan

Vitamin E pada pepaya membuat manfaat buah pepaya untuk wajah adalah menghentikan kerusakan seluler dan juga mencegah pembentukan kerutan. Vitamin A bertanggung jawab menampilkan kulit yang halus dan tidak bernoda. Vitamin C dan E meningkatkan produksi kolagen sehingga mempertahankan kekencangan kulit.

11. Mencerahkan kulit wajah

Vitamin pada pepaya membantu mengurangi stres pada kulit dan mengangkat sel kulit mati. Hal ini memberikan efek rileks, sehat, cerah dan segar. Selain itu Pepaya mengandung antioksidan dan juga menutrisi kulit wajah sehingga terasa lembut dan kenyal. Cara mendapatkan manfaat buah pepaya untuk wajah adalah dengan menggunakan masker pepaya selama 20 menit kemudian bilas hingga bersih dengan air dingin.

12. Mengatasi jerawat

Manfaat buah pepaya untuk wajah selanjutnya adalah mengatasi jerawat. Jerawat dan pori-pori yang besar merupakan dua permasalahan kulit yang paling ditakuti. Untuk meredakannya Anda bisa menggunakan masker pepaya secara rutin. Selain itu, masker ini juga bermanfaat membantu menyamarkan noda hitam bekas jerawat dan flek hitam yang membandel. Campurkan pepaya dengan lemon dan madu untuk mewujudkan formula masker alami yang lebih sempurna.

==================================
🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺================================
Buah kaya nutrisi yang banyak memberikan manfaat kesehatan. Melansir Healhline, buah yang aslinya berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko Selatan ini mengandung enzim papain. Enzim ini dapat memecah rantai protein keras yang ditemukan dalam otot daging. Sehingga, pepaya jamak digunakan untuk melunakkan daging. Baca juga: 7 Manfaat Makan Buah untuk Kesehatan Dalam satu buah pepaya kecil seberat 152 gram, terdapat kalori sebanyak 59 kkal, karbohidrat sebanyak 15 gram, dan satu gram protein. Pepaya juga kaya akan vitamin dan mineral penting bagi tubuh. Dalam takaran sama, pepaya dapat mencukupi: 157 persen kebutuhan vitamin C per hari 55 persen kebutuhan vitamin A per hari 14 persen kebutuhan folat per hari 11 persen kalium per hari Selain itu, pepaya juga mengandung kalsim, magnesium, vitamin B1, B3, B5, E, K, antioksidan karotenoid jenis likopen. Baca juga: 8 Manfaat Brokoli untuk Kesehatan Dengan sederet kandungan nutrisinya, manfaat buah pepaya untuk kesehatan cukup beragam. Berikut beberapa di antaranya: 1. Potensial mengurangi risiko kanker Studi menunjukkan, likopen dalam pepaya dapat mengurangi risiko kanker. Kandungan antioksidan dalam pepaya dapat mengurangi radikal bebas yang berkontribusi pada pertumbuhan sel kanker. Lebih spesifik lagi, di antara 14 buah dan sayuran yang memiliki sifat antioksidan, hanya pepaya yang menunjukkan aktivitas antikanker payudara, Dalam sebuah riset kecil yang melibatkan orang dewasa dengan peradangan dan kondisi perut prakanker, konsumsi pepaya terbukti efektif mengurangi kerusakan oksidatif. Baca juga: 6 Manfaat Wortel Bagi Kesehatan, Sayuran dengan Gizi Sempurna 2. Meningkatkan kesehatan jantung Lihat Foto Ilustrasi jantung sehat(kieferpix) Konsumsi pepaya secara rutin dapat meningkatkan kesehatan jantung. Studi menunjukkan, buah-buahan dengan kandungan likopen dan vitamin C dapat membantu mencegah penyakit jantung. Antioksidan dalam pepaya dapat melindungi jantung dan meningkatkan efek perlindungan dari kolesterol baik (HDL). 3. Memerangi peradangan Peradangan kronis adalah biang dari banyak penyakit seperti jantung, stroke, sampai kanker. Konsumsi makanan dan gaya hidup tak sehat dapat memicu peradangan. Studi menunjukkan, buah dan sayuran kaya antioksidan seperyi pepaya dapat membantu mengurangi gejala peradangan. Baca juga: 6 Manfaat Kesehatan Buah Ciplukan, Tanaman Sawah yang Rambah Supermarket 4. Melancarkan pencernaan Lihat Foto Ilustrasi(Thinkstockphotos) Enzim papain dalam pepaya membuat protein lebih gampang dicerna. Studi menunjukkan, orang yang rutin mengonsumsi pepaya selama 40 hari terbukti lebih aman dari serangan konstipasi dan kembung. Selain itu, konsumsi pepaya yang kaya serat dna air juga bisa mencegah sembelit dan meningkatkan keteraturan frekuensi BAB. 5. Melindungi kesehatan kulit Selain menjaga kesehatan badan, manfaat pepaya untuk wajah dan kecantikan juga telah dibuktikan para ahli. Pepaya bisa membantu kulit wajah dan seluruh tubuh terlihat lebih kencang serta awet muda. Aktivitas radikal bebas berlebihan dapat memicu munculnya kerutan, kulit kendur, dan kerusakan lain seiring pertambahan usia. Vitamin C dan likopen dalam pepaya terbukti dapat melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan tersebut. Baca juga: 6 Manfaat Potensial Tanaman Porang Bagi Kesehatan 6. Mencegah gangguan penglihatan pada manula Lihat Foto Ilustrasi mata sehat(shutterstock) Melansir Medical News Today, antioksidan zeaxanthin dalam pepaya dapat menyaring sinar cahaya biru yang berbahaya. Konsumsi buah termasuk pepaya secara rutin dapat melindungi mata dari kerusakan akibat paparan sinar cahaya biru. Paparan sinar cahaya biru dapat memicu degenerasi makula atau gangguan penglihatan di usia lanjut yang bisa menyebabkan rabun sampai kebutaan. 7. Mencegah asma Rutin mengonsumsi asupan dengan nutrisi beta karoten dapat menurunkan risiko terkena asma. Beberapa asupan yang mengandung beta karoten di antaranya pepaya, aprikot, brokoli, blewah, labu , dan wortel. Baca juga: Ribuan Tahun Digunakan, Ini 6 Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan 8. Menjaga kesehatan tulang Lihat Foto Ilustrasi tulang kuat(Wavebreakmedia) Kandungan vitamin K dalam pepaya dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Kekurangan asupan vitamin K rentan membuat tubuh mengalami patah tulang. Vitamin K penting untuk membantu penyerapan kalsium, mengurangi ekskresi kalsium, sehingga bisa membuat tulang lebih kuat. 9. Menjaga kestabilan gula darah Studi menunjukkan konsumsi asupan tinggi serat dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2. Sebagai informasi, satu pepaya kecil dapat menyediakan tiga gram serat atau setara 17 gram karbohidrat. Baca juga: Konsumsi Jus Pare untuk Penderita Diabetes, Bagaimana Baiknya? 10. Menunjang kesehatan rambut Lihat Foto Ilustrasi rambut sehat(Shutterstock) Manfaat makan pepaya juga bagus untuk rambut. Pepaya mengandung vitamin A. Nutrisi ini dibutuhkan untuk produksi sebum yang menjaga kelembaban rambut. Vitamin A juga diperlukan untuk membantu pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut. Dengan sederet manfaat buah pepaya untuk kesehatan, tak ada lagi alasan untuk enggan makan buah yang gampang ditemui ini.
🌼🌺🌻🌼🌺🌻🌼🌺🌻🌼🌺🌻🌸🌼🌺🌻🌸🌼🌺🌻🌸🌼🌺🌻🌸🌼🌺🌻🌸🌼

11 Manfaat Buah Pepaya: Kaya Vitamin dan Enzim untuk Tubuh

pepaya

Manfaat buah pepaya yang kaya akan berbagai vitamin dan enzim. Daya tahan tubuh kuat, pencernaan sehat hingga cegah diabetes.


Pepaya merupakan buah yang mendatangkan perdebatan, beberapa orang sangat menyukai buah pepaya karena rasanya yang manis dan enak, tetapi sebagian orang tidak suka karena baunya yang menyengat.

Buah dari tanaman Carica papaya ini berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko Selatan tetapi sekarang tumbuh di banyak bagian lain dunia.

Pepaya berbentuk mirip buah pir dan panjangnya bisa mencapai 20 inci atau sekitar 51 centimeter (cm). Kulitnya berwarna hijau saat mentah dan jingga saat matang, sedangkan daging buah berwarna kuning, jingga atau merah.

Christopher Columbus, seorang penjelajah Italia pernah menyebut pepaya sebagai buah para malaikat karena kandungan gizinya yang banyak dengan manfaat yang melimpah.

Sebelum membahas manfaatnya, berikut fakta-fakta menarik yang belum banyak diketahui tentang buah pepaya:

  • Enzim papain dalam pepaya dapat memecah rantai protein pada daging dan otot. Karena itu, sejak ribuan tahun yang lalu masyarakat menggunakan pepaya untuk melunakkan daging.
  • Selain daging buahnya, biji pepaya juga bisa dimakan. Rasanya seperti lada hitam, sehingga beberapa negara menggunakan biji pepaya sebagai pengganti rempah.
  • Mengonsumsi terlalu banyak pepaya dapat menyebabkan karotenemia, yaitu kondisi di mana telapak kaki dan telapak tangan menguning. Hal ini bersifat sementara dan akan hilang dengan sendirinya.
  • Hingga saat ini hanya ada 2 varietas pepaya, yaitu pepaya Meksiko dan Hawaii. Pepaya Meksiko dapat memiliki berat hingga 4,5 kilogram (kg) sedangkan pepaya Hawaii biasanya memiliki berat sekitar 500 gram (g).

Kandungan Buah Pepaya

buah pepaya

Mirip dengan buah lainnya, pepaya sangat menyehatkan jika dimakan sebagai bagian dari diet seimbang, kalorinya pun rendah sehingga dapat dikonsumsi jika kamu ingin menurunkan berat badan.

Berikut ini kandungan dalam setiap 152 g buah pepaya:

  • Kalori: 59
  • Karbohidrat: 15 g
  • Serat: 3 g
  • Protein: 1 g
  • Vitamin C 157% dari total vitamin C yang dibutuhkan tubuh dalam sehari
  • Vitamin A 33% dari total vitamin A yang dibutuhkan tubuh dalam sehari
  • Folat (vitamin B9): 14% dari total folat yang dibutuhkan tubuh dalam sehari
  • Kalium: 11% dari total kalium yang dibutuhkan tubuh dalam sehari
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Vitamin B1
  • Vitamin B3
  • Vitamin B5
  • Vitamin E
  • Vitamin K
  • Antioksidan karotenoid
  • Enzim papain

Manfaat Buah Pepaya

manfaat buah pepaya

Dengan melimpahnya kandungan vitamin, serat, hingga antioksidan di dalamnya. Buah ini sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Pepaya dapat dikonsumsi langsung maupun dicampurkan pada yogurt, smoothie, salad, dan dibuat jus.

Kandungan nutrisinya terbukti dapat mencegah berbagai penyakit seperti kanker, radang sendi, sembelit, dan masih banyak lagi. Berikut daftar khasiat pepaya bagi kesehatan:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh berperan sebagai pelindung terhadap berbagai infeksi yang dapat membuat kamu jatuh sakit.

Satu buah pepaya mengandung lebih dari 200% kebutuhan harian vitamin C, menjadikannya bagus untuk menjaga daya tahan tubuh.

2. Meningkatkan Kondisi Pencernaan

Makan pepaya setiap hari dapat meningkatkan kondisi pencernaan karena pepaya memiliki kandungan enzim yang dikenal sebagai papain dan serat yang membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.

Orang-orang di daerah tropis menganggap pepaya sebagai obat untuk sembelit dan gejala sindrom iritasi usus besar lainnya.

Dalam sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi formula berbahan pepaya selama 40 hari mengalami peningkatan yang signifikan dalam sembelit dan kembung.

3. Mencegah Tanda-tanda Penuaan

Pepaya kaya akan vitamin C, vitamin E, dan antioksidan seperti beta-karoten yang membantu mencegah kulit kamu dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat mengakibatkan keriput dan tanda-tanda penuaan lainnya.

4. Mencegah kanker

Pepaya kaya akan antioksidan, fitonutrien, dan flavonoid yang mencegah sel untuk mengalami kerusakan akibat radikal bebas.

Beberapa penelitian juga mengaitkan konsumsi pepaya dengan penurunan risiko kanker usus besar dan prostat.

5. Membantu Mengurangi Stres

Buah pepaya kaya akan beberapa nutrisi seperti vitamin C yang dapat membuat kamu terbebas dari stres.

Menurut penelitian yang dilakukan di University of Alabama, ditemukan bahwa 200 miligram (mg) vitamin C dapat membantu mengatur aliran hormon stres.

buah-buahan

6. Membantu Meredakan Nyeri Haid

Wanita yang mengalami nyeri saat menstruasi dapat mengonsumsi pepaya untuk mengurangi rasa sakitnya.

Hal ini dikarenakan enzim yang disebut papain yang terkandung dalam pepaya dapat membantu mengatur dan melancarkan aliran selama periode menstruasi.

7. Melindungi dari Penyakit Radang Sendi (Arthritis)

Makan pepaya baik untuk kesehatan tulang karena memiliki sifat anti-inflamasi dan vitamin C yang membantu menjaga berbagai bentuk penyakit radang sendi.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Annals of the Rheumatic Diseases menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan rendah vitamin C tiga kali lebih mungkin menderita radang sendi daripada mereka yang rajin mengonsumsi makanan kaya vitamin C.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Pepaya sangat rendah kalori dan tinggi akan serat sehingga membantu kamu merasa kenyang lebih lama.

Dengan saluran pencernaan yang sehat dan sistem kekebalan tubuh, pepaya membantu menurunkan berat badan secara keseluruhan. Serat alami di dalamnya dapat mendetoksifikasi tubuh dan membersihkannya, sehingga tubuh tetap sehat dan bugar.

9. Bagus untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Pepaya juga bagus untuk rambut karena mengandung vitamin A, nutrisi yang dibutuhkan untuk produksi sebum, yang menjaga kelembapan rambut.

Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut. Asupan vitamin C dalam pepaya dibutuhkan untuk membangun dan memelihara kolagen, yang memberikan struktur pada kulit.

10. Dapat Mencegah Diabetes

Meskipun buah tropis ini dikenal dengan rasa manisnya, buah ini bagus untuk penderita diabetes atau kamu ingin mengurangi risiko menderita diabetes.

Rasa manisnya alami, dan tidak seperti buah-buahan lainnya, buah ini memiliki kandungan gula yang rendah serta kadar glukosa yang rendah.

Buah pepaya juga kaya dengan nutrisi yang berkualitas tinggi yang dapat menjaga kadar gula darah dan kolesterol.

11. Membantu Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kaya akan antioksidan dan fitokimia, pepaya membantu menjaga kesehatan jantung dan melawan dari kemungkinan terserang penyakit jantung.

Ditambah dengan kandungan vitamin C, serat, dan kalium yang dapat meningkatkan aliran darah dan menjaga arteri tetap sehat.

Nah, itu dia nutrisi dan manfaat kesehatan yang terkandung dalam buah pepaya. Rutin konsumsi buah dan sayur agar kesehatan senantiasa terjaga ya, Toppers.

Selain rasanya yang enak, pepaya juga mengandung segudang nutrisi yang dapat mencegah berbagai macam masalah kesehatan. Yuk, mulai hidup sehat bersama Tokopedia

Komentar

Nampol1 mengatakan…
432 buah pepaya yang luar biasa 🌴🌴🍁🍁🍁🐓🐓🧚🏻‍♂🧚🏻‍♂🐴🐂🍀🍀🌾💐
Narkoni3 mengatakan…
725 makan buah pepaya diatas meja, dibawah disadap enak kali yah 🌴🦉🐔🌿
Neni2 mengatakan…
857 buah pepaya yang sangat lezat 🐔🐔🌿🌱🍀🍀🍀🌱🌱🌿🐔🐷
Nina1 mengatakan…
777 pepaya berwarna jingga kemerahan sangat enak disantap waktu lapar dan......🌴🍁🍄🌏🌏🍄🍄🍁🌴🌴
Ninjok2 mengatakan…
459 wih pepaya diatas meja 🌴🌴🌴🍁🍄🍁
Oejang2 mengatakan…
496 buah pepaya kalau bijinya dibuang 🌴🌴🍁🍁🍁🍁🍄🌏🧚🏻‍♂🧚🏻‍♀
Ojin1 mengatakan…
555 buah pepaya berkepala🌴🍁🍄🐛🐆🦄🐓 hmmmh
Oswori1 mengatakan…
995 pepaya itu berarti sudah matang 🌴🌴🍁🍄🍄
Pidol1 mengatakan…
625 pepaya muda berwarna hijau 🦉🐔🐔🌿🌱
Pidol2 mengatakan…
815 jingga berarti sudah matang atau tua 🌺🌸🌸🌼🌿🌿🌱🐄🦌
Qibrut mengatakan…
186 saya jadi lupa daun pepaya 🌿🌱🌱🍀🌾🌾💐
Qirun2 mengatakan…
495 setelah melihat buah pepaya segar di atas meja 🌺🦉🐔🌸🌼🌿
Qurin1 mengatakan…
635 banyak sekali manfaat buah pepaya 🌴🦉🐔🌿🌱🍀
Ridam mengatakan…
591 kesehatan dan kecantikan adalah produk buah pepaya yang jingga 🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴🍁🍁
Robetro1 mengatakan…
887 buah pepaya yang matang rasanya enak dan manis gurih dan segar 🦉🍁🌺🌸🌼🌿🌿🌱🌻🌾
Robihno2 mengatakan…
635 dan lihat pepaya jingga tu mungkin sangat lezat dirasakan, enak untuk dicicipi 🌺🌺🌸🌸🌼🌼🌻🌿🌿🌿🌱🍀🍀🌾🌾
Rudi Kohar mengatakan…
544 kemarin saya ikut paman ke pasar, acara melelang buah pepaya yang masih segar, acara lelang dihadiri polisi, karena tahun lalu terjadi kekacauan antara pedagang pepaya 🌺🌸🌸🌼🌿🌿🐔🌱🍀🌾💐
Satrio69 mengatakan…
229 dan banyak pula pedagang ikan yang nbrung menghadiri acara lelang buah pepaya sehingga amat padat dan berjubellah pasar sekitarnya, untung saya sedang minum es dan makan buah pepaya 🌺🌺🍄🍄🌿🌿🌱🌱🍀🍀🌾💐🌾🍀
Sapto mengatakan…
588 kami pulang malam hari setelah seharian penuh memetik BUAH PEPAYA dan MEMAKAN PEPAYA dibawah pohon yang rindang. TANAMAN pepaya memang berkah bagi kami 🌴🌴🍁🍁🍄🍁🍁🌴🌴🌴🍁🍁🌴🌴🦉🦉🦉🐔🌿🌱
Satrio mengatakan…
228 saya juga menyenangi hampir semua fase buah pepaya. Waktu muda, pepaya dijadikan petis, waktu setengah matang dan matang bisa langsung dimakan setelah kulitnya dikupas, rasanya manis dan legit 🌺🌸🌼🌿
Satrio60 mengatakan…
734 pepaya yang dirumah saya telah diambil Mang Juna seorang kaya raya berasal dari kampung sebelah. Malam harinya kami mengunjungi rumah Mang Juna dan disuguhi goreng pepaya tepung, wih enaknya ,🌴🌴🌴🌴🌴🍁🍁🍁🍁🍁🧚🏻‍♂🧚🏻‍♀🧚🏻‍♂🐓
Satrio64 mengatakan…
491 padahal, pohon pepaya disana dirundung mahluk halus yang mengerikan tetapi dukun setempat tidak bisa mengatasinya, waktu buah pepaya sudah tua, kalong hitam menghampirinya, rupanya memang itu kalong jin 🍀🍀🌾🍀🍀🌱🌿🌿🌿🌱🌾🍀🌱🌿🐔🦉🦉🌺🌺🌸🌸🌼🌻🍀🦇🦇🦇🦇🦇🦇
Tarmedi mengatakan…
386 sebelumnya, kami melewati pohon pepaya tersebut yang berada 3 pohon dan letaknya di tengah pohon mahoni, kami petik buah pepaya yang sudah matang, karena sebagian sudah ada yang dimakan kalong, sehabis makan mendadak bulukuduk merinding, dan......hihihihihihihih.....seorang kuntilanak tiba tiba mendatangi kami, maka kami kocar kacir lari ke kampung kami 🌴🦉🌿🌿🌿🌱🍀🌾

Postingan populer dari blog ini

Ayam Kampung

Rumput Liar