Ayam Kampung

 


4 LANGKAH SUKSES BETERNAK AYAM KAMPUNGKebiasaan cara ternak ayam tradisional di perkampungan pada umumnya adalah peternak membuat kandang sekedarnya, memberi pakan pun seadanya dan setelah itu membiarkan ayam-ayamnya berkeliaran bebas. Nanti, begitu sore menjelang matahari terbenam, ayam-ayam itu pulang kandang.
===========================
1234567890 123 456 789 🐓🦃🐈🐇🐿🦝🐜🌾💐☘🌴🍁🍄🦗🌏🐄🐝🐛🐙🦐🦟🌿🌱🍀🌺🌸🌼🌻🐆🐂🐖🦜🦢🐩🐕🦄🦌🦋🐌🐷🐮🐭🐔🦉🕸
===========================

Kebiasaan seperti itu, mirip seperti dilakukan oleh petani padi bernama Agus Sukirman. Setiap pagi selepas subuh, ia memberi makan ayam Bangkoknya di kandang seluas 2 x 3 meter.

Makanan yang ia siapkan berupa campuran dedak dan nasi atau sayuran sisa dapur untuk sekitar 25 ekor ayamnya. Termasuk di antaranya 4 indukan betina dan 1 ekor jantan. Lainnya anak-anak ayam usia 4 – 7 bulan. Setelah itu, ayam-ayam ia lepas bebas untuk cari makan sendiri di pekarangan.

Cara Tradisional Tidak Menguntungkan

Apa yang dilakukan Agus, dijalani oleh ribuan atau bahkan ratusan ribu petani lainnya di Indonesia. Beternak ayam ala kadarnya karena banyak kendala, mulai dari ketersediaan lahan, pakan yang mahal dan keterbatasan informasi yang dimilikinya atau memang ternak cuma sekedar sambilan saja.

Jadi wajar saja jika hasilnya juga apa adanya alias tidak bisa buat sandaran kebutuhan ekonomi keluarga.

Padahal, jika mau ditekuni lebih serius lagi, hasilnya sangat menjanjikan. Hitungan sederhananya begini. Seekor ayam betina dalam setahun bisa menetaskan telurnya minimal 5 kali.

Jika dirata-rata sekali menetas ada 10 ekor, berarti ada 50 ekor anak ayam. Bagaimana jika punya 10, 30 atau 60 indukan betina?

Bahkan sekarang ini, kian banyak peternak pemula yang memulai usaha ternak pembesaran ayam kampung dengan langsung membeli anak ayam yang baru menetas atau DOC.

Cara ini lebih efektif ketimbang pelihara indukan. Harus menunggu indukan bertelur, mengeram dan menetas.

Cara Beternak Ayam Kampung Yang Efektif

Untuk bisa berhasil dalam beternak ayam kampung, ada beberapa aspek yang harus dikuasai, yakni proses produksi dan pemasaran. Dalam proses produksi, ada beberapa poin penting yang harus dipikirkan, yaitu pengadaan bibit/anak ayam, sistem perkandangan dan perawatan.

Kemudian untuk pemasaran, penting juga mempertimbangkan sistem pemasaran dan bentuk akhir produk yang akan dipasarkan. Mari kita urai satu per satu.

1. Pengadaan Bibit/Anak Ayam

Untuk peternakan yang efektif, anak ayam bisa didapat dengan membeli DOC (Day Old Chicken) / anak ayam yang baru menetas. Cara lain dengan menetaskan sendiri menggunakan mesin penetas.

Jika pilihannya adalah membeli DOC ayam kampung, pertimbangkan jumlah yang hendak anda beli dengan luasan kandang pembesaran yang anda punya. Jangan lupa pula pertimbangkan aspek modal karena ini berkaitan dengan belanja pakan. Cara ini lebih efektif ketimbang menetaskan sendiri.

Untuk menetaskan sendiri, berarti terlebih dulu anda harus mempunyai telur. Ini bisa didapat dari induk ayam betina yang anda punya atau membeli dari peternak lain.

Kelemahan cara ini adalah, anda akan direpotkan dengan urusan pengadaan telur dalam jumlah tertentu dan harus memiliki mesin penetas telur.

Di luar pilihan membeli DOC atau menetaskan telur sendiri, yang perlu anda pertimbangkan juga adalah pemilihan jenis bibit anaknya ayamnya.

Karena anak ayam sekarang ada beragam jenis, mulai dari ayam Jawa Super (Joper) sampai ayam kampung biasa. Ayam Joper diklaim punya kualitas pertumbuhan yang baik karena lebih cepat besar. Ayam kampung biasa, juga punya pasar yang bagus karena sudah dikenal luas oleh masyarakat.

  1. Pemilihan Jenis Kandang Ayam

Hal selanjutnya yang perlu anda siapkan adalah kandang. Jenis atau model kandang yang umumnya dipakai para peternak ayam kampung ada 3 macam;

  • Sistem ren
  • Postal
  • Baterai
  • Sistem Ren
  • Model ini efektif untuk peternakan ayam kampung. Untuk model ini, kandang memiliki 2 bagian, yakni area untuk pengumbaran dan area berteduh.
  • Lazimnya, luas area pengumbaran 2/3 dari luas kandang. Sisanya adalah area untuk berteduh.
  • Kandang Postal
  • Sekedar informasi, selain kandang sistem ren yang lebih cocok untuk ayam kampung, ada jenis kandang lain, yaitu kandang postal. Lazimnya dipakai untuk ayam potong/pedaging.
  • Beberapa peternak ayam kampung juga menggunakan jenis ini karena peternaknya berorientasi pada ayam kampungnya sebagai ayam potong/pedaging.
  • Model ini ada 2 jenis, yakni postal litter dan postal panggung. Postal litter beralaskan tanah liat yang dilapisi sekam dan kapur.
  • Fungsi alas untuk menyerap kotoran agar lantai tidak mudah basah. Sedangkan kapur untuk mencegah berkembangbiaknya penyakit akibat kotoran.
  • Sedangkan postal panggung, kandang dibuat model panggung dengan ketinggian lantai dasar kandang dengan tanah sekitar 2 meter.
  • Tujuannya agar kotoran ayam jatuh ke tanah sehingga ayam tidak bersentuhan langsung dengan banyak kotoran.
  • Kandang Baterai
  • Kandang ini dibuat bertingkat 3 – 4 lantai di mana dalam satu sekat/kotak persegi terdiri satu ayam. Sedangkan lantai dibuat miring ke depan. Kandang sistem ini dipakai untuk peternak ayam petelur.
  • Dengan lantai miring ke depan, telur akan menggelinding sehingga tidak terinjak ayam. Lantai dari bambu yang disusun dengan jarak 1 – 2 cm agar kotoran jatuh. Bisa juga menggunakankawat kasa.

3. Perawatan/Pembesaran

Dalam perawatan ini, peternak harus menyiapkan pakan ternak berkualitas baik dan obat-obatan alami atau obat kimia.

Untuk menekan biaya produksi, anda sebagai peternak pemula mesti menyiapkan pakan ternak alami, seperti dedak dan sayuran seperti daun pepaya atau daun lamtoro yang sudah lazim dipakai peternak karena kandungan nutrisi dan zat lain yang berguna bagi kesehatan ayam.

Pemberian pakan diberikan 3 kali sehari dengan komposisi pakan dari pabrik (voor) dan pakan alternative seperti dedak dan sayuran sebagai campuran.

Pakan campuran ini biasa diberikan ketika ayam sudah berusia 2 – 3 bulan ke atas. Sebaiknya, untuk usia 1 – 21 hari diberikan murni pakan dari pabrikan untuk memacu pertumbuhan yang sehat dari anak ayam.

Berkait dengan penyediaan obat-obatan sebagai alternatif jika ayam sakit, cara terbaik untuk menekan angka kematian dengan selalu menjaga kebersihan kandang.

4. Pemasaran

Bagian akhir yang menunjang kesuksesan anda dalam beternak ayam kampung adalah pemasaran. Untuk peternakan tadisional, peternak biasanya menjual langsung ayamnya ke pasar atau ke pedagang ayam keliling.

Cara itu kurang menguntungkan, terutama jika menjualnya ke pedagang keliling atau penadah karena penadah juga mesti mendapat untung jualan.

Akan lebih efektif jika anda menjualnya ke pelanggan langsung, misalnya dengan pengusaha rumah makan dan sebagainya yang membutuhkan daging ayam dalam kegiatan usahanya.

Untuk bisa seperti ini, perlahan anda bisa mencari dan menjalin dengan calon pelanggan satu per satu. Berikan harga yang bersahabat dan servis yang memuaskan.

=======================================1234567890 123 456 789 🐓🦃🐈🐇🐿🦝🐜🌾💐☘🌴🍁🍄🦗🌏🐄🐝🐛🐙🦐🦟🌿🌱🍀🌺🌸🌼🌻🐆🐂🐖🦜🦢🐩🐕🦄🦌🦋🐌🐷🐮🐭🐔🦉🕸================================

6 Cara Beternak Ayam Kampung dengan Modal Kecil, Cocok untuk Pemula

6 Cara Beternak Ayam Kampung dengan Modal Kecil, Cocok untuk PemulaAyam kampung merupakan salah satu jenis ayam yang banyak dimintai, baik daging ataupun telurnya. Masyarakat banyak mengenalnya sebagai ayam kampung karena jenis ayam ini ciri khasnya adalah hidup di wilayah perkampungan atau pedesaan.

Maka dari itu, biasanya pemberiaan pakan ayam pun juga terbilang masih sangat alami dan jauh dari bahan-bahan kimia. Sebagaimana yang banyak digunakan pada ayam petelur dan ayam boiler. Oleh sebab itu, dari segi kesehatan pun ayam kampung relatif sangat aman dikonsumsi.

Meningkatnya rasa kepedulian akan kesehatan di mata masyarakat sendiri tentunya juga semakin membuat konsumsi ayam kampung di pasaran menjadi meningkat. Oleh sebab itu, tidak heran jika kemudian peningkatan permintaan pasar terhadap ayam kampung cukup tinggi. Tentunya ini memberikan sebuah peluang usaha bagi Anda berupa budidaya ayam kampung yang pastinya akan menguntungkan untuk melakukan cara beternak ayam kampung untuk membantu Anda yang ingin memulai menekuni usaha ini.

Untuk mengetahui dengan rinci, berikut ini kami telah rangkum untuk Anda 6 cara beternak ayam kampung dengan modal kecil yang dilansir dari Ilmubudidaya.com.

. Persiapan Kandang

Cara beternak ayam kampung pada tahap awal adalah mempersiapkan kandang. Kandang ini merupakan tempat dimana nanti ayam kampung dapat diternak. Sebaikanya siapkan lokasi kandang yang berjarak tidak terlalu jauh dari rumah. Agar tentunya lebih mudah dalam pemgawasan. Agar lebih jelas maka Anda bisa menyimak hal-hal berikut ini:

  • Buat kandang tertutup yang mengelilingi lokasi agar ayam tidak berkeliaran dan menganggu tetangga.
  • Anda bisa membuat kandang menggunakan bambu yang dianyam atau dipaku.
  • Dinding kandang harus rapat agar tidak bisa dimasuki hewan liar seperti anjing atau hewan buas lainnya.
  • Tinggi kandang minimal 3 meter, sebab jika dibawah 3 meter dikhawatirkan ayam masih dapat terbang untuk melewatinya.
  • Sekat kandang menjadi dua bagian, dimana satu bagian untuk ayam dewasa dan satu yang untuk ayam yang kelas baru mulai di tetaskan.
  • Setelah kandang siap, maka anda bisa langsung memulai tahapan budidaya.
  • Seminggu sebelum di tempati sebaiknnya kandang dibersihkan dan disemprot menggunakan pestisida agar tentunya parasit-parasit yang ada mati dan tak menganggu prosea budidaya.
  • PEMILIHAN INDUKAN 
  • Cara beternak ayam yang selanjutnya adalah melakukan pemilihan indukan. Indukan inilah yang kemudian akan menghasilkam telur dan anakan ayam kampung yang kelak akan bisa dibudidayakan dan mulai di jual. Indukan yang baik, tentunya akan memiliki ketuturan yang baik. Oleh sebab itu, anda wajib memperhatikan beberapa hal berikut ini:

    • Indukan jantan harus memiliki suara kokokan yang lantang, bulu yang mengkilap, serta sehat dan tidak mengalami kecacatan, selain itu pejantan juga harus aktif bergerak dan cukup agresif.
    • Untuk indukan betina Anda bisa memilih yang memiliki warna yang menarik, ukuran tubuh sudah besar dan siap untuk dikawinkan, bulu mengkilap, sehat dan tidak cacat, serta memiliki gerakan yang aktif.
    • Untuk perbandingan pejantan dan betina yang ideal sebenarnya tidak ada patokan.
    • Anda bahkan bisa mengisi 10 betina dan 1 pejantan dalam kandang.
    • Setelah memastikan indukan siap bereproduksi maka tentunya anda bisa langsung memasukkan semua indukan dalam kandang.
    • Tahap selanjutnya adalah mengawinkan kedua indukan agar sang betina dapat bertelur dan proses budidaya dapat terus berlanjut.                               
    • Cara Beternak Ayam Kampung untuk Pemula, Mudah dan Menguntungkan

      Beternak Ayam Kampung cukup tidak sulit diterapkan. Apalagi, tidak seperti ayam petelur atau pedaging, ayam kampung biasanya berkembang biak secara normal tanpa perlunya banyak perawatan atau menggunakan zat-zat tertentu untuk memperbanyak jumlahnya.

      Mereka melakukan perkawinan dan bertelur untuk mendapatkan keturunan. Dikarenakan ayam kampung berkembang biak secara alamiah, maka daging dan telur dari ayam kampung lebih baik dari ayam petelur dan ayam pedaging.

      Gizi yang dihasilkan dari daging dan telur dari ayam kampung lebih tinggi dibandingkan dengan ayam jenis lainnya. Hal ini karena ayam kampung menghasilkan gizi tersebut dari makanan yang tidak tercampur oleh zat-zat kimia. Tentunya dalam hal juga tergantung pemeliharaan ayam kampung yang kamu terapkan.

      Beternak yang benar dapat memberikan kualitas baik, sehat, dan ayam kampung dapat menghasilkan telur dan daging yang bergizi. Kamu bisa menerapkan beberapa cara dalam memelihara ayam kampung yang cukup mudah dilakukan.


      ############################################

      Cara Beternak Ayam Kampung

      Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebagai cara beternak ayam kampung. Mulai dari faktor kandang, kebersihan, hingga makanannya. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai cara berternak ayam kampung:

      Jaga Kebersihan Kandang

      Kandang ayam kampung harus selalu dibersihkan setiap waktu. Hal ini bertujuan agar ayam kampung tidak mudah terserang penyakit dan juga kuman yang bisa menghambat pertumbuhan atau proses berkembang biaknya. Kamu bisa memanfaatkan kotoran dari ayam ini untuk dijadikan pupuk kandang pada tanaman.

      Perhatikan Makanan

      Meskipun ayam kampung bisa diberi makan sembarangan dan terkadang mereka bisa mencarinya sendiri. Alangkah baiknya untuk tetap memberikan mereka makan secara teratur dan memberikan makanan yang menyehatkan. Sesekali memberikan vitamin juga diperlukan agar ayam kampung bisa terhindar dari segala jenis penyakit.

      Memilih Indukan yang Sehat

      Hal yang perlu diperhatikan sebagai cara beternak ayam kampung selanjutnya adalah dalam memilih indukan. Pilihlah indukan ayam kampung yang sehat, sehingga dapat menghasilkan keturunan yang sehat pula. Indukan ayam kampung yang baik dapat dilihat dari postur tubuhnya, dan seberapa sering berkembang biak atau kawin.

      Memelihara Anakan

      Kamu juga harus memperhatikan saat memelihara anakan ayam kampung. Sebaiknya pisahkan anak ayam dari ayam-ayam lain yang sudah dewasa. Hal ini bertujuan agar proses pertumbuhannya tidak terganggu karena kalah saing dengan ayam dewasa lainnya.

      Menjual Ayam kampung

      Ini adalah bagian yang ditunggu-tunggu peternak dalam beternak ayam kampung, yaitu menjual hasil ternaknya. Sebenarnya bukan hanya ayam saja yang bisa dijual, namun telur dari ayam kampung juga bisa dijual karena memiliki khasiat dan kandungan gizi yang lebih tinggi.

      Jual ayam kampung yang jarang berkembang biak atau bertelur, jangan menjual indukan ayam kampung yang memiliki kualitas yang bagus.

      Itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam pelaksanaan cara beternak ayam kampung. Selanjutnya, kamu bisa mengenali teknik cara beternak ayam kampung.


      Cara Beternak Ayam Kampung Sistem Umbaran

      Cara beternak ayam kampung yang pertama adalah dengan mengumbar atau melepaskan ayam secara bebas dan tidak perlu dimasukkan dalam kandang. Cara ini tentunya sangat mudah dilakukan karena kamu tidak perlu terlalu mengurus ayam.

      Kamu hanya perlu menyediakan kandang yang minimalis, yang digunakan untuk ayam-ayam itu berteduh dari panas matahari, hujan, hingga untuk tempat bertelur dan menetaskan telurnya.

      Cara beternak ayam kampung ini lebih efektif dilakukan di daerah pedesaan, karena di daerah pedesaan lahan-lahan di setiap rumah masih cukup luas. Jika ingin lebih aman lagi, kamu bisa membuat penghalang atau pagar mengelilingi halaman agar ayam tidak pergi terlalu jauh.

      Kelebihan dari cara ternak ayam kampung ini adalah peternak dapat menekan biaya pakan karena hewan ternak bisa mendapatkan makanan dari alam bebas. Sedangkan, kelemahan dari cara ternak ayam kampung sistem umbaran adalah proses berkembang biak ayam yang tidak terlalu intensif dan asal-asalan. Ayam juga kadang akan lebih liar dan tidak mau masuk ke dalam kandang.


      Cara Beternak Ayam Kampung Sistem Semi Intensif

      Cara beternak ayam kampung dengan sistem ini hampir sama dengan yang sebelumnya, namun wilayah cakupan ayam untuk pergi dari kandang semakin diperkecil. Hal ini bertujuan agar ayam tidak terlalu banyak bergerak dan dapat menghasilkan daging yang lebih banyak.

      Sistem semi intensif juga membutuhkan kandang untuk tempat berlindung ayam dan juga tempat untuk bertelur. Saat bertelur, telur ayam tersebut bisa dipisahkan dari induknya dan ditetaskan dengan alat seperti inkubator, atau dengan indukan yang lain.

      Kemudian dalam sistem semi intensif, kamu juga bisa membuat sebuah kandang yang berisikan beberapa ayam betina dan satu ayam jantan. Hal ini dimaksudkan untuk mempercepat proses berkembang biak pada ayam.

      Kelebihan dari sistem ini adalah proses berkembang biak ayam kampung yang akan lebih cepat, dan ayam kampung tidak terlalu liar atau beringas. Namun kekurangannya, kamu harus lebih banyak menyediakan makanan karena ruang lingkup ayam bergerak tidak terlalu luas.

      Itulah beberapa cara beternak ayam kampung dengan menerapkan teknik umbaran atapun semi intensif. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan yang paling mudah diterapkan.

       ====================================

    • 1234567890 123 456 789 🐓🦃🐈🐇🐿🦝🐜🌾💐☘🌴🍁🍄🦗🌏🐄🐝🐛🐙🦐🦟🌿🌱🍀🌺🌸🌼🌻🐆🐂🐖🦜🦢🐩🐕🦄🦌🦋🐌🐷🐮🐭🐔🦉🕸

    • =====================================

Komentar

Abdal2 mengatakan…
545 ayam kampung itu lincah sekali 🐓🐓🐓🐓🐓
Aapih mengatakan…
485 jika nanti ketemu mungkin enak dimakan 🐓🧚🏻‍♂🧚🏻‍♀🧚🏻‍♂🐓🐓
Abdibo mengatakan…
517 apalagi kalau ayam kampung muda 🐓🐕🧚🏻‍♂🧚🏻‍♀🐓🐓🧚🏻‍♂🧚🏻‍♀🧚🏻‍♂
Abidin mengatakan…
395 hah ... whats happened 🐓🧚🏻‍♀🐔🐔🐔🐔🐔🐔🐷🐮🐭
Beity mengatakan…
555 maka saya berangkat ke warung ayam 🦢🐩🐕🐴🦩🦩🦝🐿
Belsuk mengatakan…
851 mengejar ayam kampung disana 🐉🦚🦚🦓🦓🐷🌴🍁🐮🐆🦩🧚🏻‍♀🧚🏻‍♂🧚🏻‍♂🐓🐓
Bidfur mengatakan…
235 ih, meni lucu ayam kampung teh kumaha atuh 🦢🐩🐉🐕🐓🐓🐓🧚🏻‍♂🧚🏻‍♂🧚🏻‍♀
Beroertx66 mengatakan…
924 aku dan ayamku 🌴🍁🍄🐓🧚🏻‍♂🧚🏻‍♀
Cemen342 mengatakan…
485 ini ayamku mana ayam dia???? 🐔🌿🌱🍀🐓🧚🏻‍♂🧚🏻‍♀
Carilon1 mengatakan…
882 jengger ayam warna merah 🦃🐓🧚🏻‍♂🧚🏻‍♀
Caruluk1 mengatakan…
627 saya disini bersama ayam saya 🧚🏻‍♀🐓🧚🏻‍♂🧚🏻‍♀🧚🏻‍♂🐓🌴🐔🌿🌱
Carolin2 mengatakan…
448 merangkap ayam di hutan malam 🌴🍁🍄🐓🧚🏻‍♂🧚🏻‍♀🐔🐔🐔
Dalmi2 mengatakan…
952 apakah ayam ini untuk dimakan ??? 🐓🐓🐓🧚🏻‍♂🧚🏻‍♀🐔🌴🍁🍄
Debla2 mengatakan…
852 haha masa itu seekor 🦢🐩🐕🐓🐓🧚🏻‍♂🧚🏻‍♂🧚🏻‍♂🐔🦉🌿🌏🌱🍀🦌
Dasimak5 mengatakan…
229 aaku miara ayam kamung 5 ekor 🐓🐓🧚🏻‍♂🧚🏻‍♀🐔🌿🌱🍀
Duryox4 mengatakan…
729 misalnya di pekarangan rumah, itu bagus melihara ayam 🦃🐓🐓🧚🏻‍♂🧚🏻‍♀🧚🏻‍♂🐔🐔🐔🦉🦉
Emanko1 mengatakan…
444 obat sakit ayam itu sukar ditemukan 🐓🐓🐓🐓🧚🏻‍♂🧚🏻‍♂🧚🏻‍♀🧚🏻‍♂
Ebdin2 mengatakan…
881 ayam jantan dan ayam betina 🐓🐓🐓🧚🏻‍♂🧚🏻‍♀🧚🏻‍♂🐔🐔🌿🍀
Edino2 mengatakan…
196 kandang ayam sukar ditemukan 🐔🐔🍁🌿🌱🐓🐓🧚🏻‍♂🧚🏻‍♀
Ejrun3 mengatakan…
618 di dekat penjara banyak ayam kampung 🦃🦃🦃🐓🐓🧚🏻‍♂🧚🏻‍♀🧚🏻‍♂
Ferlow3 mengatakan…
585 mereka pergi mencari ayam kampung 🌺🌸🌼🐔🌿🌱🍀
Ficlok2 mengatakan…
829 ayam itu sedang mencari makan 🐓🐓🐓🐓🐔🐔🌿🌱
Gempar2 mengatakan…
548 mungkin kami kehilangan jejak ayam 🐔🐔🐔🌿🌿🌱🍀🐓🐓🧚🏻‍♂🧚🏻‍♀
Gina2 mengatakan…
577 warnanya merah kecoklatan 🐓🐓🐓🐓🐓🧚🏻‍♂🧚🏻‍♀🦉🐔🌿🌱
Gogon mengatakan…
228 sumpah palsu ayam kampung 🦃🐓🧚🏻‍♀🦉🐔🌿🌱🍀
Hadulyakin mengatakan…
499 sekilonya berapa ayam kampung tersebut 🐓🐓🐓🧚🏻‍♂🧚🏻‍♀🦉🐔🌿🌱
Harqew mengatakan…
772 namanya bukan ayam tapi ayam hutan alias cangehgar 🦃🦃🐓🧚🏻‍♂🧚🏻‍♀🧚🏻‍♀🧚🏻‍♂🦃🦃🦃🐓🧚🏻‍♂🧚🏻‍♀🧚🏻‍♀🧚🏻‍♂🐓🦃🦃🐓🐓🐓🐓🐓🐓🐓🐓🐓🐓🐓🐓🐔🐔🐔🐔🌿🌿🌏🍀🐔🌿🌿🌱🍀🌾🐄
Hasinbu3 mengatakan…
663 goreng ayam kampung lebih enak dibandibg ikan asin 🦢🐩🐕🦄🐴🐴🦩🐿🐜🐜🦟🧚🏻‍♀🧚🏻‍♂🧚🏻‍♂🐓🦉🐔🐔🌿🌿🌱🍀🍀🌾🌾💐
Hendar1 mengatakan…
772 ayam negeri berbeda dengan ayam kampung 🐓🐓🐓🧚🏻‍♂🧚🏻‍♀🧚🏻‍♂🧚🏻‍♂🦉🐔🐔🌿🌿🌱🍀🍀🌾🦋
Hendra2 mengatakan…
355 oh ya ayam kampung suka bertelur banyak sekali 🦉🐔🌿🌿🌱🍀🌾💐🦉🐔🌱🍀💐☘🐓🐓🐓🐓🐓
Ijot2 mengatakan…
888 ayam kampung itu agak kecil dibanding ayam kampung lainnya 🐇🦢🐉🐷🌴🌴🦉🐔🍁🐮🦚🐩🐈🦃🐓🧚🏻‍♀🧚🏻‍♀
Imbuh1 mengatakan…
444 ayam kampung bakar biasa disebut bakakak 🐓🐓🐓🐓🧚🏻‍♂🧚🏻‍♀🦉🐔🐔🌿🌱🍀🌾
Indah2 mengatakan…
666 kalau yang itu bernama ayam kampung 🐓🐓🐓🐓🐓🐓🧚🏻‍♂🧚🏻‍♀🧚🏻‍♀🧚🏻‍♂🧚🏻‍♂🐓🐓🐓
Indah3 mengatakan…
492 kami makan bersama di warung makan ayam bu haji 🐓🐓🐓🐓🐓🐓🐓🧚🏻‍♂🧚🏻‍♀🐔🐔🐔🌿🌱🍀
Izxart1 mengatakan…
755 memang enak soto ayam 🦉🐔🌿🌱🌱🌿🐔🦉🦉🦉🐔🐔🌿🌱🌱🍀🌾🐓🐓🐓🐓🧚🏻‍♀
Jalami8 mengatakan…
299 bumbu ayam goreng berbeda dengan bumbu ayam gulai 🐓🐓🐓🧚🏻‍♂🧚🏻‍♀🦉🐔🐔🌱🌏🐄
Jalami9 mengatakan…
633 gulai ayam suka sekali menimbulkan sakit pinggang 🐔🐔🐔🌿🌱🍀🌾🌾💐🐓🐓🐓🧚🏻‍♂🧚🏻‍♀
Jamal mengatakan…
699 tepat sekali ayam kampung itu nongkrong di atas pagar biru 🐓🐓🐓🐓🐓🧚🏻‍♂🧚🏻‍♀🦉🐔🐔🌿🌱🍀
Jarnughi mengatakan…
375 patuk ayam kampung itu sangat panjang 🐓🐓🐓🐓🦃🐓🐓🦃🦃🐓🧚🏻‍♂🧚🏻‍♀🐔🐔🌿🌱🍀🌾💐
Jamal22 mengatakan…
633 ayam kampung sedang diadu dibawah jembatan bambu 🦉🦉🐔🐔🌿🌱🍀🍀🌾💐🦉🐔🐔🌿🌱🍀🌾🌾💐🐓🐓🐓🧚🏻‍♂🧚🏻‍♀🧚🏻‍♀
Jampank mengatakan…
477 ayam kampung dalam kandang burung 🐓🐓🐓🧚🏻‍♂🧚🏻‍♀🦉🐔🐔🌿🌱🍀🌾

Postingan populer dari blog ini

Rumput Liar